Menu Click to open Menus
Home » Peristiwa » Waooww ..TIM PENGAWAS B2 TEMUKAN BORAKS DI DESA KOKA KABUPATEN MINAHASA

Waooww ..TIM PENGAWAS B2 TEMUKAN BORAKS DI DESA KOKA KABUPATEN MINAHASA

(181 Views) October 31, 2017 9:53 am | Published by | No comment

TONDANO-MA-Tim pengawas bahan berbahaya yang terdiri dari petugas dari BPOM, Kementerian Perdagangan, Dinas Perindag Propinsi Sulawesi Utara dan Balai Besar POM Manado serta pengawas terpadu pusat dan daerah menemukan distribusi bahan berbahaya di Desa Koka Kabupaten Minahasa, Senin (30/10).

Dari pengawasan tersebut total tim menemukan Boraks sebanyak 7,5 ton dari pelaku-pelaku usaha bahan berbahaya di wilayah Provinsi Sulut, juga kami temukan di desa Koka Kabupaten Minahasa,” ungkap Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Syahrul Mamma di Tondano, Senin (30/10).

“Terhadap boraks tersebut telah dilakukan pengamanan sementara di gudang milik pelaku usaha. Kasus ini masih dalam proses oleh tim pengawas terpadu dan apabila terbukti bersalah, pelaku usaha dapat diancam pencabutan izin dan barang tersebut dimusnahkan,” tegasnya.

Bahan berbahaya (B2) seperti boraks, formalin, paraformaldehid, rhodamine B, methanil yellow, auramin dan lain-lain merupakan barang yang digunakan sebagai bahan baku proses industri, namun karena sifat dan fungsinya B2 sangat rentan dan marak disalahgunakan dalam pangan.

“Apresiasi saya sampaikan terhadap tim pengawas terpadu pusat serta tim daerah yang telah melakukan pengawasan secara bersinergi. Hal ini juga diharapkan dapat memberi pesan dan shock therapy kepada pelaku usaha untuk berusaha dan berniaga secara tertib dan sesuai ketentuan,” imbaunya.

Memang, kata Mamma, baru kemarin ditemukan dan terus didalami dari mana distribusinya, pihaknya pun sudah bekerjasama dengan Balai Besar POM, Perindag Sulut.

“Bukan tidak mungkin juga kami akan bekerjasama dengan penyidik Polri untuk penanganan temuan B2 ini,” sebutnya.

“Izinnya memang tidak ada. Untuk sementara baru diperiksa dari beberapa orang diantaranya penjaga gudang dan pemilik. Jelas-jelas ini sangat membahayakan kesehatan, bahan berbahaya ini akan kami musnahkan,” terangnya.

Bupati Minahasa Jantje W Sajow ketika dimintai keterangan merasa kaget dengan informasi tersebut.

“Saya tidak tahu kalau ada gudang penyimpanan boraks di lokasi gudang itu, karena waktu lalu saya suruh mengecek ke lokasi itu malah tidak diterima, mereka tertutup. Hanya diberikan alasan bahwa itu katanya rumah yang disewa,” ujarnya.

Ia menyampaikan jika memang bermasalah hukum, sudah pasti harus diproses secara hukum.

“Bagi saya jika sudah bermasalah hukum, seharusnya diproses,” sampainya.

Ia pun menyampaikan bahwa lokasi tersebut sepertinya belum ada izin.

“Kalau tidak salah waktu dicek IMB-nya tak ada, tapi nanti dicek dulu ke Dinas Satu Atap,” tandasnya.

Pihak balai POM juga harus transparan dalam menyelidiki siapa pemilik gudang borax tersebut dan harus profesional sebab diduga pemilik gudang itu adalah oengusaha besar yang memiliki power dan kedekatan yang luar biasa dengan oknum pejabat di lingkungan penggak hukum.

 

(Toar)

Categorised in: ,

No comment for Waooww ..TIM PENGAWAS B2 TEMUKAN BORAKS DI DESA KOKA KABUPATEN MINAHASA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *