Menu Click to open Menus
Home » Bolmut » Polisi Buru Acount Palsu Apa Kabar Bolmut Penyebar Fitnah

Polisi Buru Acount Palsu Apa Kabar Bolmut Penyebar Fitnah

(539 Views) March 8, 2017 12:44 am | Published by | No comment

IMG-20170308-WA0001

Manado – MA – Cyber Crime Polres Bolmong dipimpin langsung Kabag Humas Polres Bolmong AKP. Saiful Tamu saat ini sedang memburu para pengguna akun palsu yg akhir akhir ini menyebarkan fitnah di media sosial seperti di Apa Kabar Bolmut.

Kabag Humas Polres Bolmong menambahkan, pelaku penyebar berita bohong itu tengah dilacak. Perbuatan pelaku termasuk dalam kategori melanggar Undang undang yang mengatur mengenai pencemaran nama baik lewat media sosial ini di dalam hukum Pidana (KUHP).

Di dalam KUHP pencemaran nama baik atau penghinaan diatur didalam Pasal 310 dan 31.

sedangkan didalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang merupakan peraturan khusus dari KUHP sebagaimana asas hukum “ spesialis derogate legi lex generalis” diaturnya mengenai pencemaran nama baik di dalam Pasal 27 ayat (3) Undang-undang ITE menyatakan setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

Pasal 27 ayat (3) UU ITE telah menegaskan bahwa pasal tersebut merupakan delik aduan yang juga di dukung oleh Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 50/PUU-VI/2008.

Menurut Kabag Humas Polres Bolmong postingan yg saat ini di Apa Kabar Bolmut itu merugikan bagi pribadi seseorang “Ya mungkin sengaja ingin menyudutkan mungkin, saya kurang tahu ya,” urainya.

IMG-20170308-WA0000

Saiful Tamu menambahkan, pelaku penyebar fitnah di medsos Apa Kabar Bolmut itu saat ini tengah dilacak. Perbuatan pelaku termasuk dalam kategori melanggar UU Informasi Transaksi Elektronik atau ITE termasuk Admin pemilik Group APA KABAR Bolmut yang membiarkan berita fitnah tersebut akan kami panggil dan periksa nanti sementara itu ketua LSM-LP3K Bolmut Syamsudin Olii mendukung sepenuhnga langkah konstruktif Polres bolmong dalam hal beredarnya Akun Palsu yang menyebarkan Ujaran Ujaran kebencian.fitnah.hasut.di ruang Media sosial group AKB serta mendesak agar pihak Cyber Crime kepolisian menuntaskan kelompok kelompok teror di media sosial

karena kapasitas Bupati Sebagai pejabat daerah lambang daerah perpanjangan tangan pemerintah pusat propinsi dan daerah maka sangat penting untuk segera di ciduk dan di proses sesuai UU dan aturan yang berlaku.*ykz

Categorised in:

No comment for Polisi Buru Acount Palsu Apa Kabar Bolmut Penyebar Fitnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *