Menu Click to open Menus
Home » Golkar » PILKADA SULUT IBARAT EL-CLASICO “Merah Vs Kuning”

PILKADA SULUT IBARAT EL-CLASICO “Merah Vs Kuning”

(373 Views) September 26, 2016 6:10 am | Published by | No comment

received_1311407525545308

Manado,MA- kedatangan ketua umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov) di Sulawesi Utara tepatnya Amurang Minahasa Selatan dalam rangka pelantikan pengurus DPD I dan II Golkar.

Hadirnya Setnov seakan membawah angin segar sekaligus spirit bagi seluruh kader Golkar terutama kader yang akan maju bertarung di Pemilihan Kepala Daerah 2017 mendatang seperti Bolmong dan Kepulauan Sangihe.

Dalam sambutannya, Setnov mengajak seluruh kader Golkar untuk mengawal para Calon yang akan maju bertarung di Pilwako maupun Pilbub.

received_1311408828878511

“Suara Golkar Suara Rakyat, karena itu siapa saja yang akan di usung oleh Partai Golkar, wajib di kawal” Kata Setnov

Kita ketahui, dua Kabupaten di Sulawesi Utara yakni Bolaang Mongondow dan Sangihe akan melangsungkan pesta demokrasi tahap II tepatnya tahun 2017. Dalam pesta demokrasi tersebut, Golkar akan mengutus dua figur yakni Salihi Mokodongan (Bolmong) dan Jabes Gaghana (Kepulauan Sangihe).

Pilkada Bolmong, Salihi yang berpasangan dengan Jefry Tumelap Akan Head to Head dengan salah satu figur papan atas Partai PAN yakni Yasti S Mokoagouw. Ada yang menarik untuk Pilkada Bolmong, dimana terdapat beda pilihan antara DPP PAN dengan DPW PAN Sulut.

Sehan Landjar yang merupakan Ketua DPW PAN Sulut saat di temui tim ManadoAktual.com menyampaikan kalkulasi politiknya terkait peluang kemenangan koalisi di Bolmong dalam Pilkada kali ini. Bagi Sehan, DPW PAN Sulut telah memerintahkan seluruh kader PAN di Sulut agar memenangkan Salihi B. Mokodongan-Jefri Tumelap (Mantap).

”Keputusan DPP PAN merekomendasikan untuk Pilkada di Bolmong PAN memberikannya ke pasangan Yasti Soepredjo-Yanny Tuuk, karena pertimbangannya Yasti kader PAN. Meski begitu, DPW PAN Sulut diberikan kebebasan untuk mendukung selain Yasti dengan catatan memberikan dukungan kepada kader PAN, maka saya memerintahkan untuk mendukung pasangan Salihi Mokodongan-Jefri Tumelap, pasangan calon ini juga salah satunya merupakan kader PAN,” ujar Eyang sapaan akrab Sehan.

Sementara itu, Pilkada Sangihe juga tak kalah seru dengan Bolmong. dimana dalam Pilkada nanti, dua petahana yang sekaligus merupakan kader asli Moncong Putih yakni Makagansa dan Jabes Gaghana akan memperlihatkan manuver politik guna untuk merebut DL 1 A.

Hegemoni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Golkar di pentas perpolitikan Sulut, kembali diuji. Ya, rivalitas Banteng (julukan, PDI-P) dan Beringin (sebutan Partai Golkar) di pemilihan Bupati Sangihe dan Bolmong, tak terhindarkan lagi. Banteng dan Beringin mengusung dua calon yang berbeda. Tidak ada koalisi partai. Adu gengsi Ketua PDI-P Sulut Olly Dondokambey (OD) dan Ketua Partai Golkar Sulut Stefanus Vreeke Runtu (SVR), menjadi pertaruhan harga diri partai.

pertarungan klasik antara ‘merah’ dan ‘kuning’ tak bisa dielakkan. Ibarat El Clasico, antara Barcelona dan Real Madrid. Kedua partai ini bakal head to head.

Performa PG pun sedang menanjak. Berbeda dengan Pilkada serentak 2015 lalu, di mana partai yang identik dengan warna kuning ini, sedang mengalami permasalahan internal kepengurusan di pusat. Di bawah kepemimpinan Setnov, PG optimistis meraih kemenangan di Pilbup serentak 2017 di Sulut. Hal ini ditegaskan Setnov saat berada di Minsel, kemarin. Mantan Ketua DPR-RI itupun tak ragu turun ke Sangihe dan Bolmong untuk kampanye.

“Kalau diundang, saya pasti akan turun kampanye di Bolmong dan Sangihe. Agar calon yang kita usung menang,” tegas Setnov, di hadapan ribuan kader kemarin. Iapun meminta seluruh kader dan pengurus Beringin, turun langsung menenangkan dua Paslon usungan Partai Golkar itu. “Kita harus rebut kemenangan,” tegas Setnov.

Hal yang sama disampaikan SVR. Wakil Ketua Deprov Sulut itu menekankan, di dua daerah ini (Sangihe-Bolmong) Partai Golkar harus menang. “Kita punya strategi khusus yang disiapkan untuk menang. Kami yakin, calon yang diusung Golkar kali ini, benar-benar mumpuni untuk bertarung di Pilbup,” kata SVR. Politisi senior ini juga mengingatkan, para kader dan pengurus PG mengamankan instruksi Setnov.

(Irwan Adam)

No comment for PILKADA SULUT IBARAT EL-CLASICO “Merah Vs Kuning”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *