Menu Click to open Menus
Home » Sangihe » Paripurna Bupati dan Wabup Terpilih

Paripurna Bupati dan Wabup Terpilih

(145 Views) April 6, 2017 1:32 pm | Published by | No comment

IMG-20170405-WA0005

TAHUNA MA—- Usai rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih Kamis. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah berkoordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sangihe untuk mengadakan rapat paripurna. Hal ini disampaikan Komisioner KPUD Jack Seba kepada sejumlah wartawan.

Dikatakanya, rapat paripurna segera diadakan besok (Hari ini, Red) karena seluruh anggota DPRD akan tugas luar. “Jadi, karena anggota dewan pada hari senin akan berangkat dan balik pada hari Jumat depan, makanya kami sudah berkoordinasi dengan pihak DPRD untuk mengadakan paripurna Jumat besok (Hari ini, red) karena sesuai dengan peraturan usai penetpan 5 hari kemudian harus diparipurnakan jika menunggu jumat depan itu sudah lewat waktunya,”kata Seba.

Lanjut dikatakannya, seluruh berkas untuk paripurna besok (Hari ini, red) telah dimasukkan ke DPRD. “Kasubag hukum KPUD juga tadi telah membawa berkas yang diperlukan untuk paripurna yaitu, Surat Kepeutusan (SK) penetapan Bupati dan Wakil Buapti terpilih, Dokumen salinan putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK), dan laporan sengketa pilkada dari pengacara KPUD,”ujar Seba.

Disentil terkait laporan dari kubu Paslon nomor urut satu di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). “Jadi, jika ternyata memang mereka (Buapti dan Wabup Terpilih, Red) terbukti bersalah dan divonis menjadi terdakwa proses dari KPUD tetap akan dijalankan. Mereka akan dilantik, tapi seusai dilantik baru kami akan melakukan pemberhentian, karena ini sudah menjadi peraturan KPUD,”jawab Seba.

Ditambahkan pula olehnya, bahwa gugatan yang dilakukan oleh kubu Paslon nomor urut satu tidak tepat sasaran. “Berdasarkan UU no 10 seharusnya laporan ini bukan ke PTUN namun harus melalui Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) jika dari panwaslu menerima soal laporan tersebut, barulah melayangkan gugatan ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) di Makasar begitulah prosedur yang seharusnya,”tambah Seba.(VS)

Categorised in:

No comment for Paripurna Bupati dan Wabup Terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *