Link Banner
Menu Click to open Menus
Home » TALAUD » Mengecewakan !!!! Bantuan Dana BOS Di Pemkab Talaud Belum Di Manfaatkan Secara Maksimal

Mengecewakan !!!! Bantuan Dana BOS Di Pemkab Talaud Belum Di Manfaatkan Secara Maksimal

(92 Views) January 21, 2017 3:11 am | Published by | No comment

berita_351820_800x600_IMAGE00324-1-800x509

Talaud, MA – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Kabupaten Kepulauan Talaud belum dimanfaatkan secara maksimal. Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Talaud Zusan A. Landang, pemanfaatan dana BOS belum dilakukan secara trasparan oleh masing-masing manajemen di setiap satuan pendidikan dasar. Padahal dana BOS bersumber dari APBN dan diperuntukkan bagi setiap siswa yang kurang mampu.

“Bantuan yang bertujuan meringankan beban masyarakat terhadap biaya pendidikan siswa dalam rangka wajib belajar 9 tahun itu merupakan hak setiap siswa yang disalurkan melalui sekolah untuk mendanai biaya operasional para siswa. Namun disini masih kurang transparan penggunaannya terlihat dari kurangnya penggunaan papan pengumuman tata kelola BOS disetiap sekolah,” terang Zusan,Sabtu (21/1/2017).

Zusan menambahkan kurangnya informasi atas penggunaan bantuan pemerintah itu menimbulkan kecurigaan dari masyarakat atau orang tua murid.

“Ada yang sudah melapor ke Dinas Dikpora, untuk mengantisipasi tejadi ketidak harmonisan antara pihak sekolah dan orangtua murid, kami intens melakukan kontrol dilapangan dan memantau melalui Surat Pertanggung Jawaban yang disampaikan masing-masing sekolah disertai bukti pendamping yang akurat. Ini uang negara harus digunakan sesuai aturan yang berlaku sehingga tidak menjadi temuan BPK,” pungkas Zusan.

Diketahui di Kabupaten Kepulauan Talaud dana BOS ditangani Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) adalah Pendidikan Dasar (Dikdas) yang meliputi SD dan SMP dan pendidikan luar sekolah (Paud) sedangkan pendidikan Menengah (Dikmen) ditangani oleh Provinsi.

Categorised in:

No comment for Mengecewakan !!!! Bantuan Dana BOS Di Pemkab Talaud Belum Di Manfaatkan Secara Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *