Menu Click to open Menus
Home » Politik sulut » KPUD Sangihe di Nilai Tak Tahu Aturan

KPUD Sangihe di Nilai Tak Tahu Aturan

(198 Views) February 18, 2017 1:16 am | Published by | No comment

IMG-20170214-WA0020

TAHUNA MA—- Dugaan pelanggaran yang di lakukan oleh pasangan calon nomor urut 2 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di desa Kolongan Kaceamatan Tahuna Barat. Akibatnya Warga menganggap 5 Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sangihe di Nilai tak tahu aturan, hal ini di karenakan KPUD mengambil alih rapat pleno perhitungan suara yang di lakukan oleh Ppka.

Sontak salah seorang warga yang ikut demo di KPUD Kamis (16/2) malam, juga merupakan mantan ketua KPPS angkat bicara dirinya mengatakan Ketua KPUD tak tahu aturan. “Seharusnya pleno yang di laksanakan di Kecamatan bukan rananya KPU tapi haknya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), apa 5 pembesar KPU ini tahu aturan atau tidak. Jika mengikuti aturan Perkapu no 15 Tahun 2016 tentang aturan KPU,”ungkap warga yang enggan di korankan namanya dan disambut dengan teriakkan warga yang lainnya.

Ia menegaskan, ¬†kenapa ketika ada dugaan pelanggaran pihak KPU dan KPPS tidak mau membuka kotak suara. “Dalam Perkapu seharusnya jika ada dugaan pelanggaran, contohnya seperti yang terjadi sekarang kenapa kotak suara tidak bisa dibuka, Perkapu noomor berapa yang melarang hal tersebut,”tegasnya dengan nada marah.

Sementara ketua KPUD Sangihe Elsye Sinadia melalui Komisioner Divisi Hukum Jeck Seba menepis hal tersebut. “Mereka meminta kami untuk membuka kotak suara tersebut, tapi kami tidak mengiyakan permintaan mereka sehingga membuat mereka marah, jika kami mengikuti kemauan dari mereka maka kami akan melanggar kode etik kami,”tuturnya.

Disentil soal pengambilan ahli rapat pleno yang dilakukan oleh PPKA. “Tidak, kami tidak mengambil ahli pleno tersebut, kami hanya melaksanakan rekapitulasi penghitungan suara, saat itu juga kami dituding menyembunyikan sesuatu, padahal tidak ada yang kami sembunyikan,”jawab Seba dengan tegas.(VS)

 

Categorised in: ,

No comment for KPUD Sangihe di Nilai Tak Tahu Aturan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *