Menu Click to open Menus
Home » Pilkada » Kejaksaan Negeri Tahuna akan membela KPU

Kejaksaan Negeri Tahuna akan membela KPU

(244 Views) February 23, 2017 11:50 am | Published by | No comment

IMG-20170223-WA0000
TAHUNA MA—- Kejaksaan Negeri Tahuna siap membela Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe bila digugat oleh pasangan calon. Hal ini dikatakan oleh Kepala Kejaksaan Tahuna Muhammad Irwan Datuiding.

Dijelaskannya, sebelum pemilihan jauh hari sebelumnya Kejaksaan sudah ada Memorandum of Undestanding (MoU) dengan KPU. “Sudah ada kerjasama untuk mewakili KPU jika ada gugatan, Kami sebagai  jaksa pengadilan negara siap mewakili KPU ketika ada gugatan Pemilihan Kepala Daerah di Kepulauan Sangihe,”Jelas Datuiding.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan paslon nomor satu Drs OK Makagansa MSc mengungkapkan, pihaknya bukan mempermasalahkan hasil Pilkada, tetapi pihaknya mempersoalkan prosesnya yang dilakukan penyelengaraan Pilkada. “Kami tidak menggugat hasil, tetapi mempermasalah kan proses berdasarkan bukti-bukti  yang ada dari 15 Kecamatan, di mana ditemukan secara terstruktur, sistimatis  dan motif kecurangan yang dilakukan oleh penyelanggara dalam Pilkada. Kami menuntut kebenaran, transparansi dan akuntabel proses Pilkada,”ujarnya.

Dijelaskannya, kalau laporan kecurangan dan bukti yang sudah diserahkan kepada Panwaslu dan Polres, tidak bisa dijelaskan dan tidak bisa diterima, pihaknya memiliki hak mengadukan ke Bawaslu, KPU Provinsi.

 “Kalau belum bisa menjelaskan masih ada KPU pusat dan Badan Kehormatan. Kalau belum bisa dijelaskan terakhir Makamah Konstitusi (MK),”tegas mantan Sekda Sangihe ini.

Apapun yang menjadi keputusan MK tambah Makagansa itu sifatnya final dan pihaknya akan menerima. “Akan tetapi kalau laporan kami bisa dijelaskan di Panwaslu dan Bawaslu dan hasilnya bisa diterima, kami sudah tidak mempermasalahkan. Yang penting mereka harus menjelaskan setiap laporan dan bukti-bukti kecurangan yang dilaporkan, pungkasnya. (VS)

Categorised in: , ,

No comment for Kejaksaan Negeri Tahuna akan membela KPU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *