Menu Click to open Menus
Home » Sangihe » Kalau tidak berhalanghan mei akan di adakan pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Kalau tidak berhalanghan mei akan di adakan pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

(167 Views) April 5, 2017 1:24 pm | Published by | No comment

IMG-20170405-WA0005

TAHUNA MA—- Setelah melalui proses demokrasi yang dipilih langsung oleh masyarakat Kabupaten Sangihe pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang dilaksanakan 15 Februari 2017 lalu, akhirnya Jabes Esar Gaghana SE,ME- Helmud Hontong SE (Me-Gahagho) resmi menahkodai Daerah Tampungang Lawo untuk masa bakti 2017-2022.

Salah satu komisioner KPUD Sangihe Devisi Hukum, Jeck Seba mengatakan, yang pasti tahapan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) terpilih akan dilaksanakan seusai penetapan yang akan dilaksanakan Kamis (Pekan ini) bersama sejumlah pihak terkait. “Karena kami harus menunggu teman- teman komisioner lainnya yang saat ini masih meladeni perkara yang diajukan pihak Pasangan Calon (Paslon) Nomor urut 1 di PTUN sebelum melaksanakan rapat pleno penetapan. Jadi kami meghormati dan menghargai perkara yang di ajukan mereka itu pasca Pilkada Februari 2017 lalu,”kata Seba.

Disentil soal agenda pelantikan Bupati dan Wabup terpilih, Seba menjelaskan setelah rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih selanjutnya hari Jumat (07/04) pihaknya akan menyampaikan hasil tersebut ke pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). “Usulan pengesahan dari Dewan paling lambat lima hari, selanjutnya diserahkan ke Gubernur Provinsi Sulut juga selama lima hari, setelah itu ada pengesahan dari Gubernur maka akan dimasukan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan diproses selama 14 hari sebelum akhirnya di sahkan,”jawab Seba.

Dan kalau tidak ada halangan tambah Seba, dalam proses berjalan dengan normal maka pelantikan akan dilaksanakan pada April atau awal bulan Mei mendatang. “Muda- mudahan dalam proses pengesahan mulai dari DPRD, Gubernur hingga ke Mendagri tidak ada halangan, proses pelantikan Bupati dan Wabup terpilih akan segera dilakukan. Untuk itu kami berharap kepada semua masyarakat Sangihe agar menjaga ke amanan dan ketenraman, sebab Bupati dan Wabup terpilih ini merupakan bupati masyarakat Sangihe bukan bupati yang hanya punya kelompok atau partai tertentu,” pungkas Seba.

Untuk diketahui saat ini proses sengketa Pilkada Sangihe bukan hanya sampai di pihak MK, tapi juga oleh Paslon Nomor Urut 1 yang mempercayakan sejumlah pengacara handal melayangkan gugatan di beberapa lembaga hokum lainnya yakni PTUN, DKP dan Polres Sangihe.(VS)

Categorised in:

No comment for Kalau tidak berhalanghan mei akan di adakan pelantikan Bupati dan Wabup Terpilih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *