Menu Click to open Menus
Home » Sangihe » Hama “Oryctes Rhinoceros” Ancam Perkebunan Sangihe

Hama “Oryctes Rhinoceros” Ancam Perkebunan Sangihe

(160 Views) March 14, 2017 3:49 pm | Published by | No comment

17 - 25-1

TAHUNA MA—- Perkebunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe khususnya tanaman Kelapa terancam akan punah lantaran Hama Kumbang Kelapa Wangwung atau dalam bahasa latin disebut Oryctes Rhinoceros. Hal ini dikatakan oleh Koordinator lapangan Balai Penyuluhan Pertanian dan Prikanan (BP3) Kecamtan Tahuna Ratnawati Eda, Selasa (13/3) disela-sela kegatannya.

Dikatakannya, Hama ini sudah teridentifikasi di beberapa kecamatan dan sudah di tangani oleh BP3. “Informasi yang kami peroleh dari masyarakat di tiga kecamtan yaitu, Kecamtan Tahuna, Tabukan Tengah (Tabteng), dan Tabukan Utara (Tabut). Tapi kami telah melakuakan Identifikasi ke Kecamtan juga ke Kecamtan lain yang terserang hama tersebut ,”ungkap Eda.

Disentil seberapa besar dampak yang akan disebabkan oleh Hama Oryctes Rhinoceros. “Kasus ini juga pernah terjadi bebrapa Tahun Lalu yang merusak Puluhan ribu Pohon Kelapa, saya pikir Dampaknya besar tapi yang paling Utama yaitu merugikan petani , dan Produksi seperti Minyak kelapa akan menurun karena berkurangnya Pasokan buah kelapa. Karena Hama ini bisa mematikan tanaman tersebut,”Jawab Eda.

Ditambahkannya, hama ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. “Karena dampaknya sangat besar kami BP3 Kabupaten mendaptkan tambahan bantuan tenaga dari BP3 Provinsi demi memberantas Hama tersebut sebelum merambat ke tanaman lainnya,”tambah Eda. (VS)

Categorised in:

No comment for Hama “Oryctes Rhinoceros” Ancam Perkebunan Sangihe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *