Menu Click to open Menus
Home » Manado » Waduh : Ering Sebut Gelar Doktor Rektor Unima Julyeta Runtuwene Palsu

Waduh : Ering Sebut Gelar Doktor Rektor Unima Julyeta Runtuwene Palsu

(435 Views) March 14, 2017 5:07 pm | Published by | No comment

c1_13071552

Manado – MA – Kuat dan ramai pembahasan terkait penggunaan gelar Doktor palsu oleh rektor unima, bahkan Tak main-main, isu hangat yang beredar di kalangan civitas kampus yang bertahta diatas Pegunungan Tampusu tersebut menyebut bahwa Rektor Unima Julyeta Runtuwene akan diberhentikan dari jabatanya sebagai Rektor oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir. Hal tersebut berkaitan dengan gelar S3 yang disandang Runtuwene diduga kuat bodong.

Menurut penuturan Stenly Ering, pencopotan Julyeta Runtuwene dari jabatannya sebagai rektor tinggal menuggu waktu. “Proses verifikasi ijazah Julyeta Runtuwene sebelumnya telah bergulir di Ombudsman RI dan Kemenristekdikti. Dengan bukti-bukti yang ada, diduga kuat ijazah S3 dari Julyeta Runtuwene adalah palsu,” ujar Ering. Ering juga meyakini kalau data yang ada dalam genggamanya sangat lengkap. “Ini memang sudah sangat lengkap sekali. Memang palsu ijazahnya (Runtuwene). Kalau tidak ada halangan, Julyeta Runtuwene akan segera diberhentikan. Karena fakta sudah jelas,” tegas Ering yang merupakan salah satu Dosen di Uima.

Ering juga mengakui jika dirinya telah beberapa kali bertemu dengan pejabat-pejabat di Kemenritekdikti termasuk Menteri Mohammad Nasir. Hasilnya, menurut Ering, positif ijazah Julyeta Runtuwene adalah palsu. “Bukti-bukti yang menyatakan ijazah Julyeta Runtuwene adalah bodong, akan saya ekspose di media massa. Saya sudah bawa ke Media Indonesia dan Kompas. Karena waktunya ini sudah tepat. Memang sudah mau diberhentikan dia. Tinggal menunggu waktu saja. Bukti-buktinya segera saya akan sebarkan,” tekan Ering.

Sementara itu, Julyeta Runtuwene ketika dikontak melalui telepon selulernya bernomor 081243xxxxx, rupanya nomor ini sudah tidak diaktifkan lagi. Sedangkan Kepala Humas Unima Jonly Tendean ketika coba ditemui di kantor pusat Unima, bersangkutan tidak berada di tempat. Dihubungi melalui ponselnya, ia hanya bungkam.

keluarga-GSVL

Diketahui, pada 2016 lalu, atas laporan Stenly Ering jugalah, sehingga kasus kejahatan akademik di Unima terbongkar. Mengakibatkan rektor terpilih Harold Lumapow saat itu batal dilantik karena terlibat skandal tersebut. Sementara Philoteus Tuerah dicabut gelar profesornya.

Disisi lain, sejumlah mahasiswa yang sempat berbincang dengan wartawan media ini merasa bimbang terkait kelangsungan kuliah mereka. “Saat ini kami sedang menunggu untuk di wisuda. Tapi ada kabar yang sementara hangat diperbincangkan di kampus ini menyatakan kalau Rektor Unima yakni Prof Dr Julyeta Runtuwene telah direkomendasikan untuk mundur dari jabatanya oleh Menristekdikti. Kalau tidak, beliau (Julyeta Runtuwene) akan dipecat. Mungkin karena masalah ini sehingga kami tak kunjung diwisuda,” ujar mahasiswa yang namanya enggan dipublikasikan.

walikota gsvl dan rektor enci paula - Copy

“Kami juga tidak mau ketika sudah diwisuda dan ijazah kami ditandatangani oleh Julyeta Runtuwene kemudian dinyatakan tidak sah. Untuk itu kami mohon agar pihak yang berwenang segera menuntaskan kasus ini supaya tidak membuat ribuan mahasiswa di Unima menjadi bimbang,” sambung mahasiswa yang lain. ( red )

Categorised in:

No comment for Waduh : Ering Sebut Gelar Doktor Rektor Unima Julyeta Runtuwene Palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *