Menu Click to open Menus
Home » Tomohon » Eman : Tiga Keputusan Dalam Raperda Di Setujui Semua Fraksi.

Eman : Tiga Keputusan Dalam Raperda Di Setujui Semua Fraksi.

(146 Views) December 31, 2016 9:56 am | Published by | No comment

img-20161231-wa0017

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak menghadiri rapat paripurna yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor DPRD Kota Tomohon, Jumat (30/12/16).

Sidang di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J. Wenur dan Wakil Ketua Joudy Moningka.

Pada Sidang Paripurna tersebut seluruh fraksi menyatakan menyetujui dan menerima ke tiga Ranperda yang diusulkan untuk menjadi perda di Kota Tomohon, yaitu :

1) rencana induk pembangunan kepariwisataan kota tomohon ( 2016-2031).

2) kawasan tanpa rokok.

3) pernyataan modal pemerintah kota Tomohon kepada perusahan daerah air minum.

Usai pendapat akhir fraksi dilanjutkan dengan penandatanganan dan penyerahan Ranperda oleh Ketua DPRD Kota Tomohon kepada Walikota Tomohon.

Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan, bahwa pariwisata di Kota Tomohon saat ini terus bergerak hingga ke level Internasional dan secara intensif pemerintah terus melakukan evaluasi serta peningkatan kualitas dan kuantitas terhadap destinasi pariwisata yang memiliki keragaman daya tarik berdasarkan potensi lokal, termasuk peningkatan pemasaran pariwisata dengan menggunakan berbagai media secara efektif, efisien dan bertanggung jawab.

“Dengan demikian, industri pariwisata di Kota Tomohon akan mampu menggerakkan perekonomian daerah yang didukung dengan kelembagaan dan tata kelola pariwisata yang bersinergi dengan pembangunan, fasilitas pendukung pariwisata yang handal, sumber daya manusia pariwisata yang profesional, serta peningkatan peran serta masyarakat dalam menghadapai Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).” ucap Walikota.

“Kita semua tentu berharap, dengan pergerakan sektor wisata ini, akan terus memacu pendapatan asli daerah dan produk domestik regional bruto serta pendapatan perkapita masyarakat termasuk pengurangan kemiskinan di Kota Tomohon dalam jangka waktu pencapaian RIPPARDA selang 15 tahun kedepan dengan  visi “Terwujudnya Pariwisata Alam, Budaya, Religi, Pendidikan Dan Masyarakat Yang Berkualitas, Berkelanjutan Dan Berdaya Saing Dalam Mewujudkan Kota Tomohon Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Di Indonesia”.

Walikota menambahkan, pemerintah berkerinduan memberi ruang dan lingkungan yang bersih dan sehat bagi masyarakat, sehingga nantinya Kota Tomohon akan memiliki kawasan-kawasan yang dikhususkan bebas dari asap rokok atau tanpa rokok.

“Kawasan Tanpa Rokok (KTR) meliputi fasilitas pelayanan kesehatan; tempat proses belajar mengajar; tempat anak bermain; tempat ibadah; angkutan umum; tempat kerja; tempat umum dan tempat lainnya yang ditetapkan dengan melibatkan fungsi pengawasan disertai larangan, pembinaan dan peran serta masyarakat  yang berujung pada penyidikan dan ketentuan pidana atas pelanggaran yang diatur dalam perda nanti.” tambahnya.

Selanjutnya, dalam rangka memperkuat struktur permodalan Perusahaan Daerah Air Minum untuk peningkatan kinerja pengembangan perusahaan, operasional dan pengembangan sarana prasarana serta untuk pengembangan jaringan air bersih. Maka, pemerintah memberi penyertaan modal daerah kepada Perusahaan Daerah Air Minum sebesar Rp. 6.000.000.000,- (enam milyard rupiah) dengan realisasi pertahunnya sebesar Rp. 2.000.000.000 (dua milyard rupiah) terhitung mulai tahun 2017 hingga tahun 2019.

“Kita semua tentunya menaruh harapan agar pelayanan kepada masyarakat dapat meningkat dan dapat menciptakan kerjasama serta investasi Pemerintah Kota Tomohon dengan Perusahaan Daerah Daerah Air Minum, dan semoga pula, dengan dana penyertaan modal ini akan dapat meningkatan pula cakupan air minum dengan memprioritaskan masyarakat yang berpenghasilan rendah.” ungkap Walikota

Diakhir sambutannya Walikota menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Dewan terhormat yang sudah bekerja keras mengkaji dan membahas ketiga Ranperda ini menjadi Peraturan Daerah Kota Tomohon. (Pae)

 

Categorised in:

No comment for Eman : Tiga Keputusan Dalam Raperda Di Setujui Semua Fraksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *