Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » kaligis : Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menanam pohon.

kaligis : Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menanam pohon.

(149 Views) December 15, 2016 2:37 am | Published by | No comment

fb_img_1481711169437

MANADO – MANADOAKTUAL.COM -Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon kembali menoreh prestasi dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Dishutbun Kota Tomohon masuk dalam peserta terbaik dalam lomba menanam pohon tingkat Provinsi se-Sulut. Penghargaan yang di terimah oleh pemkot Tomohon ini diserahkan oleh Gubernur Olly Dondokambey SE kepada Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Ir Fereydie Kaligis MSi mewakil Pemkot Tomohon, Selasa (13/12) kemarin.

Menurut Kaligis, keterlibatan Pemkot Tomohon dalam menyukseskan program menanam pohon telah dilakukan sejak lama. Untuk menyukseskan program ini, kata dia, Dishutbun telah merangkul seluruh stake holder Kota Bunga, seperti pemerintah, pihak pengusaha rumah panggung hingga masyarakat umum.  “Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menanam pohon. Jika membutuhkan bibit, ajukan permohonan di Dinas. Kami pastikan akan mendapat bibit pohon. Utamanya, ditanam di lahan-lahan  kritis,” ungkap Kaligis.

Jelas birokrat handal ini, sisi lain gencarnya menanam pohon karena tekad Pemkot Tomohon besutan Walikota Jimmy Feidie Eman SE Ak dan Wawali Syerly Adelyn Sompotan, untuk mengurangi risiko  bencana alam terutama tanah longsor dan banjir bandang. “Makanya, menanam pohon akan terus kami lanjutkan demi menyelamatkan lingkungan alam kita,” ujar Kaligis sembari menambahkan jika Pemkot Tomohon mendapat bantuan sekira 10 ribu anakan bibit pohon untuk ditanam di wilayah Kota Sejuk.

Untuk diketahui, penyerahan penghargaan dan bantuan bagi Pemkot Tomohon dilaksanakan di Taman Hutan Rakyat ( Tahura)  Kompleks Gunung Tumpa Manado. Kegiatan ini dirangkaikan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tingkat Provinsi Sulut.

Sementara itu,  Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menghimbau pentingnya menanam pohon dilakukan semua elemen masyarakat salah satunya untuk mengurangi risiko bencana alam terutama tanah longsor. “Apalagi cuaca hujan angin pada akhir-akhir ini meningkat. Diharapkan bagi semua jajaran pemerintahan hal ini kiranya bisa menjadi perhatian yang baik untuk masyarakatnya,” terang Gubernur.

Ia mengajak seluruh pejabat ASN lingkup Pemprov Sulut agar konsisten melakukan penanaman pohon. “Juga bagi masyarakat di kabupaten dan kota kiranya bisa turut serta dalam melakukan menanam pohon. Marilah kita bersama-sama untuk lakukan penanaman pohon,” ucap Gubernur, sembari berterima kasih kepada pemerintah kabupaten/kota yang telah turut mensukseskan kegiatan penanaman pohon.

Selanjutnya, Gubernur Olly menyerahkan hadiah bagi Kabupaten/Kota yang memenangkan lomba menanam pohon tingkat provinsi, diantaranya Kota Bitung sebagai juara 1, Kota Manado sebagai juara 2 dan Kota Tomohon juara 3. Untuk tingkat kabupaten, juara 1 Kabupaten Minahasa Tenggara, juara 2 Kabupaten Bolaang Mongondow dan juara 3 Kabupaten Boltim. Kegiatan tersebut diselenggarakan Dinas Kehutanan Provinsi Sulut dan dihadiri Pangdam VIII Merdeka Mayjen TNI, Ganip Warsito, Walikota Manado Vicky Lumentut,  Kepala DisHut Provinsi Heri Rotinsulu beserta jajaran Pejabat eselon II Pemprov Sulut. (Pae)

BERITA TERKAIT CONECTING

Categorised in:

No comment for kaligis : Kami terbuka bagi siapa saja yang ingin menanam pohon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *