Menu Click to open Menus
Home » TALAUD » Dimusim Penghujan Dinkes Talaud Ingatkan Warga Waspadai Penyakit DBD

Dimusim Penghujan Dinkes Talaud Ingatkan Warga Waspadai Penyakit DBD

(131 Views) January 18, 2017 2:38 pm | Published by | No comment

berita_350802_800x600_kadis1-300x169Talaud,MA – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Diare erat kaitannya dengan cuaca dan kualitas lingkungan. Untuk mengantisipasi DBD yang sempat menjadi kejadian luar biasa  dalam tiga tahun terakhir, maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Talaud selalu berkoordinasi dengan tim anggaran perangkat daerah (TAPD) terkait anggaran yang disediakan dalam upaya antisipasi, pencegahan maupun penanggulangan ketika DBD terjadi.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Talaud, dr Kerry Monangin saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (18/1/17) siang.

“Mengingat bulan Desember hingga memasuki Januari mengalami musim penghujan, tentunya banyak genangan air yang nantinya menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes Aigepty yang merupakan vektor virus DBD, sehingga perlu adanya antisipasi sebelum terjadinya penyakit tersebut. Kita juga telah menyediakan alat penyemprotan (fogging-red) ketika nantinya terjadi ledakan kasus,” ungkap Kadis Dinkes.

Penyuluhan atau memberikan informasi kepada masyarakat juga penting dalam hal pencegahan,terutama bagaimana menjaga kualitas lingkungan yang sehat.

“Tiga M Plus tetap harus dilakukan,menimbun kaleng bekas atau wadah yang dapat menampung air, terutama air hujan, menutup tempat air dan menguras bak mandi. Sedangkan plusnya adalah kalau bisa tidur pakai kelambu,” kata Monangin.

Selain DBD, penyakit diare juga menjadi perhatian instansinya, karena 86 persen penyebabnya dipengaruhi lingkungan. Dan diare yang terjadi di Kecamatan Melonguane Timur tahun 2016 lalu juga menjadi kejadian luar biasa di Talaud, sehingga,selaku penanggung jawab masalah kesehatan di Tanah Porodisa ini mengimbau kepada masyarakat agar memperhatikan kualitas lingkungan tinggal dan sekitar.

“Dinas Kesehatan tak dapat bekerja sendiri tanpa support dari masyarakat dalam hal pencegahan, penanggulangan maupun peningkatan derajat kesehatan,” kuncinya.

Categorised in:

No comment for Dimusim Penghujan Dinkes Talaud Ingatkan Warga Waspadai Penyakit DBD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *