Link Banner
Menu Click to open Menus
Home » TALAUD » Bupati Manalip Berencana Bangun Salib & flying fox Di Puncak Gunung Piapi Pulutan

Bupati Manalip Berencana Bangun Salib & flying fox Di Puncak Gunung Piapi Pulutan

(439 Views) March 15, 2017 3:14 am | Published by | No comment

FB_IMG_1489544196759

Melonguane – MA – Bupati Maria Manlip, SE bersama rombongan berhasil mendaki gunung piapi di pulutan. Gunung ini memilikinketinggian kurang lebih 864 meter dari permukaan laut.

Maksud dan tujuan pendakian gunung piapi ini oleh bupati maria manalip di ikuti rombonganya adalah meninjau lokasi yang nantinya akan di manfaatkan oleh pemerintah sebagai destinasi wisata.

Bupati kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip, SE  mengatakan, kegiatan pendakian ini bertujuan melihat potensi wisata yang ada di Gunung Piapi. Juga meninjau secara langsung sisa-sisa kebakaran yang menghanguskan ribuan pohon di gunung ini. “Di sini ternyata potensi wisatanya menjanjikan. Air terjunnya sejuk. Saya berencana membangun salib di puncak gunung ini. Untuk pengembangan pariwisata, juga akan dibuat flying fox di sana. Saya benar benar berkeinginan membangun Talaud dan saya memiliki mimpi untuk Talaud akan di kenal dunia melalui pariwisata baik pantai maupun bukit dan gunung. Imbuh manalip.

Saya pada kesempatan ini juga menanam bibit pohon di atas puncak gunung piapi ini demi masyarakatku dan demi anak cucu di kemudian hari. Adapaun manfaat penanaman pohon ini adalah :

Manfaat estetis (keindahan), pohon memiliki beberapa bentuk tajuk yang khas, sehingga menciptakan keindahan tersendiri. Oleh karena itu, apabila di susun secara berkelompok dengan jenis yang sama pada masing-masing kelompok dapat menciptakan keindahan atau suasana yang nyaman. Struktur bangunan tanpa di imbangi dengan pohon, akan terasa gersang, sebaliknya apa bila di sekitarnya di tanami pohon serta di tata dengan baik akan nampak hijau dan asri.

  1. Manfaat Orologis,  akar pohon dan tanah merupakan satu kesatuan yang kuat, sehingga mampu mencegah erosi atau pengikisan tanah
  2. Manfaat Hidrologis,  dalam hal ini di maksudkan bahwa tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan. Dengan demikian, banyaknya kelompok pohon-pohon akan menjadikan daerah sebagai daerah resapan/persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya
  3. Manfaat Klimatologis,  dengan banyaknya pohon, akan menurunkan suhu setempat, sehingga udara sekitarnya akan menjadi sejuk dan nyaman. Maka, kehadiran kelompok pohon-pohon pelindung sangat besar artinya.
  4. Manfaat Edaphis,  ini manfaat dalam kaitan tempat hidup binatang. Dilingkungan yang penuh dengan pohon, satwa akan hidup dengan tenang karena lingkungan demikian memang sangat mendukung.
  5. Manfaat Ekologis,  lingkungan yang baik adalah seimbang antara struktur buatan manusia dan struktur alam. Kelompok pohon atau tanaman, air, dan binatang adalah bagian dari alam yang dapat memberikan keseimbangan lingkungan.
  6. Manfaat Protektif,  manfaat protektif adalah manfaat karena pohon dapat memberikan perlindungan, misalnya terhadap terik sinar matahari, angin kencang, penahan debu, serta peredam suara. Disamping juga melindungi mata dari silau.
  7. Manfaat Hygienis, adalah sudah menjadi sifat pohon pada siang hari menghasilkan O2 (oksigen) yang sangat di perlukan oleh manusia, dan sebaliknya dapat menyerap CO2 (karbondioksida) yaitu udara kotor hasil gas buangan sisa pembakaran. Jadi secara hygienis, pohon sangat berguna bagi kehidupan manusia.

Saya berharap masyarakat akan terus menjaga kelestarian alam dan tidak menebang pohon dengan sembarangan ingat anak cucu kita harus lebih baik dan lebih sejahtera dari zaman kita sekarang ini. Marilah sama sama kita saling mengingatkan saru sama lain dan aaling menjaga akan pentingnya hutan hijau untuk masa depan kita bersama. Tukasnya ( cv )

Categorised in:

No comment for Bupati Manalip Berencana Bangun Salib & flying fox Di Puncak Gunung Piapi Pulutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *