Link Banner
Menu Click to open Menus
Home » Bolmut » Bolmut Minim Tenaga Penyuluhan Pertanian

Bolmut Minim Tenaga Penyuluhan Pertanian

(104 Views) February 25, 2017 5:47 am | Published by | No comment

IMG-20170225-WA0001

Arman: Pemda Melalui Dinas Pertanian Bolmut Dapat Segera Melakukan Penambahan Terhadap Tenaga Penyulu Pertanian Di Bolmut

BOLMUT, MA – Salah satu indikator untuk peningkatan pertanian di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) adalah ketersedianya penyulu pertanian, namun sangat di sayangkan saat ini bolmut sangat minim tenaga penyulu pertanian.

Hal ini disampaikan Pemerhati Pertanian Bolmut Ramlan Tinamonga kepada MA, (23/2) menurutnya, sangat di sayangkan jumlah tenaga penyuluh pertanian masih sangat minim dan setiap desa hanya memiliki 1 tenaga penyuluh. Pasalnya, jumlah desa di Bolmut adalah 106 dan sangat tidak efektik kalau dalam satu desa hanya ada satu tenaga penyulu pertanian, Bolmut masih sangat membutuhka tenaga penyuluh pertanian.

Dia menambahkan, Penyuluh pertanian adalah ujung tombak Pemerintah Daerah dalam melakukan pendampingan terhadap petani di bolmut, karena peran penyuluh diharapkan mempu mendorong keberhasilan penerapan pertanian di bolmut,” Jelas Mantan Ketua KPMIBU Kota Gorontalo.

Sementara Wakil Ketua 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Arman Lumoto mengataka, agar Pemda melalui Dinas Pertanian Bolmut dapat segera melakukan penambahan terhadap tenaga penyulu pertanian di seluruh desa di bolmut, karena saat ini sangat minim penyulu pertanian. Untuk menigkatkan pertanian di bolmut, harus di damping oleh penyulu pertanian, maka Untuk membangun pertanian yang maksimal dibutuhkan SDM yang berkualitas. tersedianya SDM yang berkualitas merupakan modal utama bagi daerah untuk menjadi pelaku (aktor), penggerak peningkatan pertanian di bolmut.” DPRD berharapa dinas pertanian dapat mendata berapa jumblah para Sarajan Pertanian di bolmut dan di angkat menjadi penyulu pertanian.

Lanjut Arman, tujuan penambahan penyuluhan pertanian dalam rangka menghasilkan SDM pelaku pembangunan pertanian yang kompeten sehingga mampu mengembangkan usaha pertanian yang tangguh, mampu mengerakan masyarakat untuk memberdayakan pertanian yang baik, serta mendampingi para petani untuk peningkatan hasil pertanian masyarakat,” Harap Politisi PAN Itu.

Terpisah Kepala Dinas Pertanian Ir,Jakaria Babay saat dikonfirmasi lewat via telfon 085256xxxx59 tidak merespon saat di hubungi,

Categorised in:

No comment for Bolmut Minim Tenaga Penyuluhan Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *